6/17/2014

3 Rahasia Teknik Balap Marc Marquez

A Riz Man     6/17/2014

Portal Blog | Teknik Balap Marquez - Marc 'baby alien' Marquez menjadi pembalap MotoGP yang prestasi nya lagi naik daun. Setelah juara kelas MotoGP di musim balapan kemarin, di musim balapan tahun ini yang sudah melewati 6 race, 'baby alien' ini berhasil menyapu bersih podium 1 berturut-turut.

Apa dan bagaimana rahasia teknik balapan Marc Marquez, berikut ini ulasannya.

Siapa yang ingin mengalahkan Marc Marquez harus bisa menguasai tiga teknik. Tiga skill ini menyatu di diri Marc. Ini jadi kunci kenapa rider Spanyol ini seperti sulit dikejar kompetitornya.

Tentunya, skill menekuk Honda RC213V yang dilakukan Marc di tikungan sangat happening dengan menggunakan sikut. Gayanya Marc mendobrak cara menikung klasik yang hanya bertumpu dengan lutut kaki.

“Bukan cuma harus dilatih, tapi engineer motornya harus merancang dan mensetup motor dengan gayanya Marc. Inilah kejeniusan Marc yang enggak dimilik pembalap lain tahun ini,” ulas Mike Doohan, Juara Dunia GP500 lima kali berturut-turut (1994-1998).

Bukan cuma sikutnya yang menggesek aspal, tapi sisi luar kaki di bawah lutut juga ikutan hampir menyentuh aspal. Gaya menikung seperti inilah yang jadi ciri khas Kevin Schwantz, Juara GP500 1993. Schwantz juga jadi pembalap yang menggeser gaya menikung dengan ge-nerasi sebelumnya. Pembalap asli Amrik ini berbeda dengan pembalap sebelumnya dengan tempurung lutut sebagai patokan terendah menikung. Gaya ini pertama kali Kenny Roberts, Sr yang melakukannya.

Teknik Marc yang luput dari pengamatan, leg wave alias kaki akan turun dan membuka sebelum masuk tikungan. Style ini sebenarnya lebih duluan digunakan Valentino Rossi.

Kaki yang membuka dilakukan Rossi sebelum masuk tikungan sebetulnya tidak sengaja. “Cara ini untuk menjaga keseimbangan karena late brakingnya terlalu kelewat dari batas.” beber The Doctor.

Dengan patokan sikut dan sisi luar betis kaki, racing line pemilik nomor start 93 ini akan lebih dalam dibanding pembalap lainnya.

Kalau garis jalur menikungnya lebih dalam, Marc jadi lebih unggul saat posisi pembalap yang lain sejajar dengan dia di tikungan. Keuntungan ini bisa dilihat saat terjadi pertarungan ketat di cornering.

Melakukan leg wave saat beradu late braking dengan kompatriot, Marc akan duluan masuk tikungan. Kalau lebih duluan, tentunya jauh lebih unggul setelah gas dibuka untuk keluar belokan.

Itulah tiga teknik Marc 'baby alien' Marquez yang jadi kunci kemenangannya selama ini, yaitu teknik sikut dan sisi luar kaki yang menyentuh aspal serta leg wave.

Menarik untuk ditunggu kiprah sang 'baby alien' ini di race berikutnya.

Sumber : motorplus-online.com


Baca Juga
2014 - © Portal Blog | Disclaimer | Policy | Tentang | Kontak
Rekomendasi Untuk Anda
×
Back to top
close
desain-website-arizman.com
close
tips-internet-marketing
close
ebook-marketing