• Jelajahi

    2014 - © Portal Blog | arizman.com

    Iklan

    sticker-whatsapp

    Pentingnya Berbuka Puasa Tidak Makan Berlebihan

    arizman.com
    7/12/2014, 04:31 WIB
    daftar
    Makan-Berlebihan
    Portal Blog | Buka Puasa Tidak Makan Berlebihan - Berbuka puasa merupakan momen yang paling ditunggu di sore hari, tidak jarang kita mempersiapkan hidangan yang banyak untuk persiapan berbuka. Apakah Makan banyak atau berlebih baik untuk tubuh kita ?   

    Saat berbuka puasa, umat muslim diimbau untuk tidak makan berlebihan. Hal ini dimaksudkan agar tubuh bisa membersihkan racun dan menyebuhkan sel-­sel rusak setelah berpuasa. Hal ini dikatakan oleh Wisam Al­-Dulaimi dari Rumah Sakit Dallah, Riyadh, Arab Saudi.

    “Studi ilmiah membuktikan bahwa tubuh membutuhkan energi dalam jumlah besar saat memproses asupan gizi dalam porsi besar. Hal ini mempengaruhi kebutuhan energi tubuh untuk menjalankan fungsi tubuh normal setelah berpuasa,” jelas Wisam seperti dikutip dari Arabnews, Jumat (11/7/2014).

    Selain itu, penelitian yang ada juga membuktikan bahwa berpuasa bisa membuat tubuh mampu mendistribusikan energi ke seluruh tubuh dan membuang racun pada kelenjar tubuh dan sistem saraf.

    Berpuasa membuat tubuh terhindar dari penyakit serta menghancurkan sel mati. Selain itu, masih menurut Wisam, berpuasa membantu tubuh menghasilkan sel baru, mengembangkan jaringan, serta mendistribusikan oksigen secara lebih merata ke seluruh bagian tubuh.

    Wisam mengatakan, puasa sebenarnya adalah hal alami dalam setiap manusia. Contohnya, jika anak­-anak sedang sakit, mereka akan kehilangan nafsu makan dan justru berpuasa selama periode waktu tertentu. Saat itu, tubuh akan secara langsung mendistribusikan energi ke seluruh bagian tubuh untuk memerangi sakit tersebut.

    Wasim juga mengutip perkataan Nabi Muhammad dari Imam Ahmad, “Puasalah, maka kamu akan sehat.”

    Dengan puasa, organ­-organ tubuh akan sehat, terutama ginjal dan pencernaan. Kedua organ tersebut adalah organ yang paling sering kelelahan karena aktivitas harian yang konstan.

    “Penelitian menunjukkan bahwa berpuasa selama satu hari bisa membuat tubuh membuang racun yang dihasilkan 10 hari. Jadi bisa dikatakan, puasa sebulan selama Ramadan bisa membuat tubuh membuang racun setahun penuh.” ucap Wasim.

    sumber : detik.com

    Terkini

    Otomotif

    +
    close
    promo
    close
    promo