7/24/2014

Tips Cuti Tenang Tidak Diganggu Urusan Pekerjaan

A Riz Man     7/24/2014

tips-cuti-tenang
Portal Blog | Tips Cuti Tenang - Liburan Hari Raya sudah tiba. Sebagian dari Anda pasti memiliki rencana untuk cuti selama beberapa hari demi pulang kampung atau mengisi kebersamaan dengan keluarga. Namun rencana berlibur tak selalu berakhir menyenangkan. Karena beberapa orang kerap masih diganggu dengan urusan pekerjaannya. Terlebih jika Anda adalah seseorang yang memegang posisi cukup tinggi sehingga sering dibutuhkan. 

Bagaimana caranya agar tenang saat liburan namun tetap bertanggungjawab pada pekerjaan? Berikut tips cuti tenang tidak diganggu urusan pekerjaan, yang dikutip dari BBC :

1. Tinggalkan Gadget
Cara paling ampuh agar tak terganggu dengan tugas kantor saat cuti atau liburan adalah dengan meninggalkan gadget. Jika tidak dibutuhkan, tinggalkan laptop serta telepon khusus bisnis di rumah. Bila Anda memiliki perasaan tak tenang dan selalu memeriksa email saat cuti, mungkin saja memang waktunya yang kurang tepat. Usahkan untuk mencari waktu-waktu dimana pekerjaan sedang tidak terlalu sibuk, sehingga liburan terasa lebih nyaman.

2. Umumkan Pada Rekan
Tentu saja keputusan untuk tidak ingin dihubungi ketika cuti jangan diambil secara diam-diam. Umumkan pada atasan dan rekan jika Anda akan pergi liburan dan tidak membawa gadget. Namun bila Anda adalah seorang pemegang keputusan, hal ini harus dilakukan dengan tanggung jawab. Sebelum mengambil cuti, tunjuklah satu orang untuk menggantikan sementara posisi Anda dan informasikan dengan jelas apa yang harus ia lakukan selama Anda tak ada.

3. Tak Perlu Merasa Bersalah
Beberapa dari Anda mungkin kerap merasa bersalah atau tak enak dengan rekan jika lama-lama meninggalkan pekerjaan. Sebenarnya hal ini tidak perlu menjadi beban. Menurut sebuah studi ketika seorang pekerja kembali dari liburan, Ia bisa kembali bersemangat dan lebih siap menghadapi proyek besar berikutnya. Liburan juga penting untuk kesehatan mental dan spiritual. Keluarga pun tidak merasa terabaikan walau Anda sehari-hari sibuk bekerja.

4. Pikirkan Hal Positif
Bagi Anda yang masih tak bisa hilangkan rasa bersalah, pikirkan nilai positifnya bagi rekan-rekan. Keabsenan Anda bisa menjadi sebuah pembelajaran bagi rekan atau junior sehingga mereka bisa lebih berkembang. Anda pun dapat membantu mereka memecahkan masalah secara mandiri dan membangun kerjasama tim yang lebih baik.

Sumber : detik.com, bbc.com




Baca Juga
2014 - © Portal Blog | Disclaimer | Policy | Tentang | Kontak
Rekomendasi Untuk Anda
×
Back to top
close
desain-website-arizman.com
close
tips-internet-marketing
close
ebook-marketing