• Jelajahi

    2014 - © Portal Blog | arizman.com

    Iklan

    karikatur-digital-3d

    Menu Sehat Puasa Saat Sahur Dan Berbuka

    arizman.com
    6/29/2014, 04:40 WIB
    daftar
    Menu Sehat Puasa
    Portal Blog | Menu Sehat Puasa - Selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, seseorang menahan lapar dan harus bisa sampai 14 jam sehari. Untuk mengatasinya agar tidak mengalami dehidrasi, perlu minum jus dan air yang banyak.

    Dokter Purwita Wijaya Laksm, pakar Geriatri dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM, mengatakan asupan makanan dan cairan yang baik akan membuat puasa menjadi optimal.

    Dia menyarankan kepada umat Islam yang berpuasa, agar mengurangi konsumsi  minuman teh dan kopi ketika sahur. Sebab, teh dan kopi bisa menyebabkan seseorang sering buang air kecil. Ini membuat seseorang cepat haus dan tubuhnya jadi lemas.

    “Yang terbaik adalah perbanyak minum jus dan air putih. Usahakan minum air putih sampai 10 gelas sehari. Cara minumnya dibagi-bagi ketika berbuka, saat makan malam, habis Terawih, menjelang tidur, dan saat sahur,” kata Purwita ketika dihubungi, Rabu (10/7/2013).

    Dia menuturkan puasa adalah tidak makan dan minum, serta menahan diri tidak melakukan segala sesuatu yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

    “Tidak ada asupan makanan dan cairan minuman selama sekitar 14 jam tiap harinya selama 29-30 hari. Jadi perlu mengonsumsi makanan seimbang dan minum yang cukup untuk mengatasinya,” tambahnya.

    Dia menjelaskan puasa meningkatkan amal ibadah. Merupakan proses yang mengubah seorang dewasa sehat  menjadi seorang yang frail. Merupakan proses normal yang bervariasi antar-individu. Puasa tidak selalu menyebabkan gangguan fungsi organ dan penyakit.

    Sebaiknya tidak balas dendam saat berbuka puasa. Meskipun nafsu makan kurang, tetapi tetap mengonsumsi makanan dan minuman sesuai dengan kebutuhan yang dianjurkan.

    Dia memberikan tip bagi yang ingin melakukan diet seimbang selama Ramadan dengan menu 1.700 kalori. Bahan makanannya bisa ditukar:

    Saat Sahur:

    - Nasi 1,5 gelas
    - Semur daging 1 potong
    - Tahu bacem 1 potong
    - Sayur sup 1 mangkuk
    - Pepaya 1 potong
    - Minum 1 gelas air saat bangun sahur,
    - Minum 1-2 gelas air putih saat makan sahur

    Saat Buka Puasa:

    - Sebelum salat Maghrib makan 3 biji buah kurma,
    - Selada buah 1 mangkuk kecil.
    - Minum 1 gelas air putih
    - Sesudah salat Maghrib, makan:
    - Nasi  1,5 gelas
    - Pepes ayam 1 potong
    - Tumis tempe 3 sendok makan
    - Sayur asem 1 mangkuk
    - Pisang  1 buah
    - Minum 1-2 gelas saat makan malam

    Sesudah Salat Terawih: 

    - Minum 1-2 gelas setelah salat Tarawih
    - Minum 1-2 gelas s/d menjelang tidur malam

    Sumber : bisnis.com

    Terkini

    Otomotif

    +
    close
    promo
    close
    promo