1/10/2018

5 Hal Wajib Internet Marketing

A Riz Man     1/10/2018

5 Hal Wajib Internet Marketing

Portal Blog - Apakah anda pelaku bisnis online? atau baru mau memulai bisnis online? pahami ulasan tentang 5 hal wajib internet marketing karena bisnis online pastinya berkaitan dengan yang namanya internet marketing.


Branding, pemasaran lewat internet, layanan digital seolah menjadi sesuatu yang perlu bahkan wajib dilakukan oleh para pelaku bisnis di zaman milenial sekarang ini.


Banyaknya miliarder muda yang berhasil lewat internet, menimbulkan trend positif bahwa sekarang semua orang saling berlomba untuk bisa menggaet massa (konsumen) secara online. Hal tersebut berakibat semakin kompetitifnya persaingan di bidang internet marketing.

Apapun bentuk bisnisnya, kesalahan atau kekeliruan sedikit saja bisa membuat bisnis online kamu kesalip pendatang baru yang lebih paham mengetahui seluk beluk dan keinginan pasar digital.

Jika membahas tentang internet marketing tentunya tidak akan cukup jika hanya membaca satu tulisan ini saja, mudah-mudahan ke depannya saya bisa membahas update tentang internet marketing berdasarkan pengetahuan dan pengalaman selama bertahun-tahun menggeluti hobi berkecimpung di dunia blogging, web design dan internet marketing.

Apa saja 5 hal wajib internet marketing itu? ada baiknya kamu memperhatikan hal-hal apa saja yang perlu ada pada internet marketing berikut ini :

1. Website
Walaupun saat ini banyak situs ecommerce gratis yang bisa digunakan sebagai media berjualan, website menjadi keharusan yang harus dimiliki jika kamu ingin bisnis online secara serius, karena website merupakan etalase apapun bisnis yang kamu jalankan apakah itu jualan produk, jasa, bisnis afiliasi, dll. Selain itu, website juga menjadi cerminan kredibilitas bisnis anda, konsumen tentunya akan melihat mana pebisnis online yang serius atau hanya sekedar iseng saja.


Saya teringat seorang teman yang bertanya bagaimana pengaruh keberadaan website terhadap kelangsungan bisnis di masa depan? jawaban saya sederhana, selama orang suka googling mencari sesuatu lewat bantuan google atau search engine lain seperti Bing atau Yahoo, maka keberadaan website menjadi sangat penting selama website tersebut dikelola dengan baik (SEO).

2. Mobile friendly
Apapun jenis bisnis online nya, usahakan website kamu mobile friendly agar bisa diakses secara nyaman apabila menggunakan smartphone atau handphone. Perlu diketahui bahwa sekarang lebih banyak orang mengakses internet lewat handset nya dibandingkan harus repot membuka laptop atau PC.

Bagaimana cara mempunyai website yang mobile friendly? tentunya kamu bisa request kepada web designer atau orang yang membuat website tetapi jika sudah mempunyai website, kamu bisa cek apakah website kamu sudah mobile friendly atau belum?

Cek Website Mobile Friendly

Untuk bisnis online tertentu, akan lebih baik jika website nya didukung juga dengan Aplikasi Mobile (Android & IOS).

3. Konten Berkualitas
Update website dengan konten-konten berkualitas karena kualitas konten berbanding lurus dengan jumlah pengunjung website. Sebagus apapun tampilan website anda apabila tidak didukung konten yang berkualitas tentunya akan menjadi sia-sia.

4. Kelola SEO
Sekilas tadi sudah saya singgung sedikit tentang SEO di poin No 1. Search Engine Optimization (SEO) merupakan cara-cara atau teknik optimasi website agar mudah ditemukan oleh mesin pencari (search engine) dengan tujuan agar jumlah kunjungan terhadap website dapat semakin meningkat sesuai kata kunci yang kamu bidik.

Ada 2 cara teknik SEO, yaitu On Page dan Off Page. On Page merupakan metode yang dilakukan untuk membuat tampilan website menjadi lebih baik sesuai kaidah SEO baik dari segi desain, isi halaman web, maupun tema web itu sendiri. Sedangkan Off Page kaitannya dengan link building.

SEO harus dikelola secara rutin karena sifatnya yang dinamis, dikatakan dinamis karena kita harus selalu update perkembangan SEO termasuk memahami dan mempelajari algoritma-algoritma Google.

Jika anda mempunyai website dan ingin mengelola SEO secara serius anda bisa 'hire' orang yang paham tentang seluk beluk SEO atau menggunakan Search Engine Marketing (SEM) seperti Adword atau lebih bagus lagi jika dilakukan kedua-duanya.


5. Media Sosial
Di zaman milenial atau biasa disebut zaman now, setiap orang pastinya suka main media sosial, apakah itu Facebook, Twitter, Instagram, Google+, Path dll. Ada baiknya kamu memanfaatkan media sosial sebagai penunjang bisnis online (internet marketing), anda bisa memperkenalkan bisnis anda sambil mencantumkan link website ketika anda berinteraksi di media sosial.

Selain 5 hal wajib internet marketing yang perlu anda ketahui, usahakan juga lebih spesifik dalam berkomunikasi ke target anda yang beragam baik secara demografi atau keinginannya sesuai segmen yang anda bidik agar menciptakan kedekatan secara personal.




Baca Juga
2014 - © Portal Blog | Disclaimer | Policy | Tentang | Kontak
Rekomendasi Untuk Anda
×
Back to top
close
desain-website-arizman.com
close
tips-internet-marketing
close
ebook-marketing