• Jelajahi

    2014 - © Portal Blog | arizman.com

    Iklan

    sticker-whatsapp

    8 Fakta Unik Stadion Anfield

    arizman.com
    7/11/2020, 18:20 WIB
    daftar
    8 Fakta Unik Stadion Anfield
    Stadion Anfield

    arizman.com - Anfield identik dengan klub Liverpool FC bahkan Anfield sudah lebih dulu berdiri sebelum klub berdiri tahun 1892 silam.

    Dari sejarah panjang stadion Anfield, banyak cerita unik tentang stadion Anfield. Apa saja? berikut ini 8 fakta unik Stadion Anfield :

    1. Stadion Tanpa Klub
    Anfield adalah stadion pertama di dunia yang tak punya klub, antara 1888 sampai 1892 Anfield adalah markas Everton tetapi setelah pemilik Anfield John Houlding menaikkan tarif sewa Everton memilih pindah ke Goodison Park. Selama beberapa waktu Anfield jadi stadion yang tak punya klub. Anfield resmi jadi milik Liverpool FC tanggal 15 Maret 1892 setelah Houlding merekrut 10 orang Skotlandia.

    2. Kapasitas Penonton
    Sebelum di renovasi stadion Anfield mampu menampung 45.370 orang penonton, sekarang jumlahnya bertambah setelah pemilik klub John W Henry memutuskan untuk memperluas stadion Anfield secara bertahap. Waktu Liverpool tampil di babak keempat Piala FA melawan Wolverhampton Wanderers tahun 1952, penontonnya mencapai 61.905 orang. Kelebihan 33% dari kapasitas maksimum sekaligus merupakan rekor jumlah penonton terbesar yang pernah datang ke Anfield.

    3. Serba Guna
    Stadion Anfield ternyata tidak hanya digunakan untuk pertandingan sepak bola tetapi tahun 1930-an digunakan untuk menggelar perebutan juara dunia tinju dan pertandingan eksibisi tenis. Semuanya digelar di tengah lapangan rumput.

    4. Ganti Warna
    Bob Paisley pernah meminta semua tempat duduk di Anfield untuk di ganti warnanya dari warna merah menyala menjadi gradasi warna pelangi. Oranye sampai ungu terus hijau emerald karena Paisley merasa kesulitan memantau permainan timnya yang berseragam merah kalau latar belakangnya juga merah.

    5. Shankly Gates
    Gerbang Shankly Gates terdapat di pintu gerbang stadion Anfield yang berbatasan dengan Anfield Road ada pintu besar yang bertuliskan You'll Never Walk Alone sebagai penghargaan atas jasa-jasa Shankly.

    6. Tribun Legendaris
    Di stadion Anfield ada tribun bersejarah bernama spion kop, diambil dari nama sebuah bukit di Afrika Selatan yang menjadi saksi bisu prajurit Inggris semasa Perang Boer.

    7. Stadion Angker
    Anfield dikenal sebagai stadion yang angker bagi tim tamu. Faktanya Tottenham Hotspur belum pernah memenangkan satu pertandingan pun di Anfield selama 73 tahun sejak 1912 sampai 1985.

    8. Top Ten Hits
    Lagu Anfield Rap pernah masuk jajaran tangga lagu di tahun 1988. Waktu itu, lagu itu dirilis oleh para pemain Liverpool salah satu penyanyinya adalah John Barnes.

    Fans fanatik The Reds menyebut 8 fakta unik stadion Anfield sebagai Eight Anfield Miracle (8 keajaiban Anfield).

    Terkini

    Otomotif

    +
    close
    promo
    close
    promo