6/21/2014

Cara Menghemat Penggunaan Material

A Riz Man     6/21/2014

Hemat-Material
Portal Blog | Hemat Material - Penggunaan material menjadi salah satu bagian penting dalam proses pembangunan atau renovasi. Mengetahui cara menghemat penggunaan material menjadi hal yang penting pula dalam mengatur rencana anggaran biaya ditengah semakin mahalnya harga material sekarang ini.

Beragam jenis material yang ada dipasaran, disatu sisi memberikan keleluasaan dalam pilihan tetapi di sisi lain bisa menimbulkan kebingungan terutama ketika pertimbangan faktor harga 'bertemu' dengan faktor kualitas.


Berikut ini cara menghemat penggunaan material yang bisa anda lakukan :

1. Lokasi Toko Material
Mencari toko material yang jaraknya dekat dengan rumah yang akan dibangun atau direnovasi. Hal itu dilakukan untuk mempersingkat waktu pengiriman material serta menekan biaya transportasi.
2. Pembelian Bertahap
Membeli material sesuai dengan tahapan pekerjaan yang sedang dilakukan, seperti ketika sedang dalam tahapan pekerjaan awal pondasi jangan dulu membeli material seperti untuk plafon, atap atau keramik. Hal itu untuk menghindari barang - barang tersebut rusak ataupun hilang.
3. Melebihkan Pembelian
Ada kalanya ketika proses pembangunan atau renovasi rumah, ditemukan adanya material yang rusak atau cacat. Untuk mengantisipasi hal tersebut, bisa dengan melebihkan pembelian 5% - 10% dari material yang dibutuhkan.
4. Sisa Material
Menggunakan kembali sisa material yang ada seperti sisa potongan keramik yang bisa dijadikan mosaik lantai, sisa kayu dan bekisting yang bisa dipakai untuk rangka atap dan lisplank serta sisa - sisa material lain yang masih bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Selain hal diatas, keahlian tukang dalam aplikasi penggunaan material juga memegang peranan penting untuk terciptanya efisiensi penghematan material.


Baca Juga
2014 - © Portal Blog | Disclaimer | Policy | Tentang | Kontak
Rekomendasi Untuk Anda
×
Back to top
close
desain-website-arizman.com
close
tips-internet-marketing
close
ebook-marketing