• Jelajahi

    2014 - © Portal Blog | arizman.com

    Iklan

    karikatur-digital-3d

    Cara Menghemat Penggunaan Material

    arizman.com
    6/22/2014, 05:48 WIB
    daftar
    Hemat-Material
    Portal Blog | Hemat Material - Penggunaan material menjadi salah satu bagian penting dalam proses pembangunan atau renovasi. Mengetahui cara menghemat penggunaan material menjadi hal yang penting pula dalam mengatur rencana anggaran biaya ditengah semakin mahalnya harga material sekarang ini.

    Beragam jenis material yang ada dipasaran, disatu sisi memberikan keleluasaan dalam pilihan tetapi di sisi lain bisa menimbulkan kebingungan terutama ketika pertimbangan faktor harga 'bertemu' dengan faktor kualitas.


    Berikut ini cara menghemat penggunaan material yang bisa anda lakukan :

    1. Lokasi Toko Material
    Mencari toko material yang jaraknya dekat dengan rumah yang akan dibangun atau direnovasi. Hal itu dilakukan untuk mempersingkat waktu pengiriman material serta menekan biaya transportasi.
    2. Pembelian Bertahap
    Membeli material sesuai dengan tahapan pekerjaan yang sedang dilakukan, seperti ketika sedang dalam tahapan pekerjaan awal pondasi jangan dulu membeli material seperti untuk plafon, atap atau keramik. Hal itu untuk menghindari barang - barang tersebut rusak ataupun hilang.
    3. Melebihkan Pembelian
    Ada kalanya ketika proses pembangunan atau renovasi rumah, ditemukan adanya material yang rusak atau cacat. Untuk mengantisipasi hal tersebut, bisa dengan melebihkan pembelian 5% - 10% dari material yang dibutuhkan.
    4. Sisa Material
    Menggunakan kembali sisa material yang ada seperti sisa potongan keramik yang bisa dijadikan mosaik lantai, sisa kayu dan bekisting yang bisa dipakai untuk rangka atap dan lisplank serta sisa - sisa material lain yang masih bisa digunakan sesuai kebutuhan.

    Selain hal diatas, keahlian tukang dalam aplikasi penggunaan material juga memegang peranan penting untuk terciptanya efisiensi penghematan material.

    Terkini

    Otomotif

    +
    close
    promo
    close
    promo