• Jelajahi

    2014 - © Portal Blog | arizman.com

    Iklan

    karikatur-digital-3d

    Cara Mengganti Oli Motor Sendiri

    arizman.com
    2/23/2020, 13:14 WIB
    daftar
    Cara Mengganti Oli Motor Sendiri
    arizman.com - Cara mengganti oli motor sendiri bisa dilakukan jika kamu sudah tahu atau sudah sering mengganti oli motor sendiri, tetapi jika belum tahu, kamu bisa mengikuti tips bagaimana cara mengganti oli motor sendiri.

    Oli atau pelumas merupakan faktor utama yang mempengaruhi umur pemakaian mesin. Ada beberapa jenis dan merk oli, salah satunya oli pertamina solusi mesin gaya hidup masa kini.

    Sebelum mengganti oli motor sendiri, terlebih dahulu kamu harus tahu jenis oli yang cocok dengan tipe motor, apakah sepeda motor kamu matic, bebek atau sport. Setelah membeli oli motor yang sesuai dengan tipe sepeda motor kamu, baru lanjut bagaimana cara mengganti oli motor sendiri.

    Gantilah oli mesin sepeda motor ketika mesin pada suhu operasi normal dengan sepeda motor diletakkan pada standar tengah, hal itu untuk memastikan pengeluaran oli supaya cepat dan menyeluruh.

    Cara mengganti oli motor sendiri :

    1. Siapkan wadah pembuangan oli di bawah bak mesin
    2. Untuk menguras oli, lepaskan tutup pengisian oli, baut pembuangan oli serta cincin perapat yang ada di bagian mesin motor
    3. Injak kick starter beberapa kali, ini berguna untuk membantu mengeringkan sisa oli
    4. Cek kondisi cincin perapat yang ada di bagian bawah mesin lalu pasang baut. Ganti cincin perapat setiap dua kali penggantian oli atau jika perlu setiap kali oli diganti. Kencangkan baut pembuangan oli sesuai torsi pengencangan yang dianjurkan menggunakan torque wrench (kunci dengan pengatur torsi pengencangan)
    5. Isi bak mesin dengan jenis oli yang sudah kamu beli
    6. Pasang tutup pengisian oli/tangkai pengukur
    7. Hidupkan mesin dan biarkan berputar stasioner 3 - 5 menit
    8. Matikan mesin lalu tunggu 2 - 3 menit, kemudian periksa ketinggian oli apakah berada pada tanda batas permukaan teratas pada tangkai tutup pengisian oli/tangkai pengukur, pastikan tidak ada kebocoran oli.

    Ganti oli mesin sesuai dengan ketentuan pada jadwal perawatan, jika sepeda motor kamu sering digunakan dalam kondisi sangat berdebu, penggantian oli motor disarankan dilakukan lebih sering dari jadwal perawatan berkala.

    Terkini

    Otomotif

    +
    close
    promo
    close
    promo